Connect with us

Wapres JK: Tari Saman Kebanggaan Indonesia

Internasional

Wapres JK: Tari Saman Kebanggaan Indonesia

BRUSSELS – Wakil Presiden RI Jusuf Kala memberi apresiasi atas penampilan 15 penari saman Gayo Lues di Europalia Art Festival di Gedung Bozar, Belgia. Ia mengakui saman kini telah menjadi kebanggaan Indonesia, apa lagi setelah pada 2014 lalu tari saman Gayo Lues, Aceh telah diakui UNESCO sebagai warisan dunia tak benda.

Hal itu disampaikan Jusuf Kala usai membuka Europalia Are Festival di Belgia. Tari saman Gayo Lues yang dibawakan oleh 15 penari asal dataran tinggi Gayo, Aceh tersebut mampu membuat para penonton di Eropa terpukai.

Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues, Syafruddin yang mendampingin para penari saman tersebut, Rabu, 11 Oktober 2017 menjelaskan, ada tiga tarian yang ditampilkan dari Indonesia saat pembukaan festival, yang diantaranya Tari Saman Gayo Lues, tarian dari Cirebon, dan tarian dari Irian Jaya.

“Dari tiga tarian yang ditampilkan Indonesia, tari saman yang paling diapresiasi oleh penonton. Bahkan usai penampilan tari saman di luar gedung, warga Belgia mengancungkan jempol seraya berkata “good” kepada penari saman,” jelasnya.

Selain itu kata Syafruddin, warga Eropa sangat kagum dengan penampilan tari saman Gayo Lues, sampai-sampai Wakil Presiden RI Jusuf Kala juga berucap, bahwa tari saman Gayo Lues bagus sekali dan telah menajdi kebanggan Indonesia.

Tari saman Gayo Lues sejak 2014 lalu sudah diakui oleh lembaga dunia, UNESCO sebagai warisan dunia tak benda dari Gayo Lues, Aceh, Indonesia.[WP]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Internasional

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top