Connect with us

Tragedi Rohingya Kembali Dibahas di Sidang Parlemen OKI

Internasional

Tragedi Rohingya Kembali Dibahas di Sidang Parlemen OKI

TEHERAN – Pertemuan parlemen negara-negara Organisasi Konferensi Islam (OKI) di Teheran, Iran, 7 dan 8 Oktober 2017 kembali membajas tragedy kemanusiaan yang menimpa muslim Rohingnya di Maynmar.

Dalam rapat The 38th Meeting of the Parliamentary Union of the OIC Member States (PUIC) Executive Committee tersebut Indnesia mengusulkan agar negara-negara OKI membentuk tim fencari fakta atas tragedy yang menimpa muslim Rohingya beberapa waktu lalu di Arakan.

Hal itu diungkapkan anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKAP) DPR RI, H Firmandez yang mewakili Indonesia dalam forum dunia tersebut. “Kita tidak henti-hentinya menyuarakan persoalan yang dihadapi muslim Rohingya di Myanmar. Negara-negara Islam di dunia harus melihat ini sebagai pelanggaran HAM berat, bukan masalah regional semata, tapi masalah muslim dunia. Bukanlah muslim itu seperti satu tubuh, satu bagian yang sakit, yang lainnya ikut merasakan,” ujar anggota DPR RI asal daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2 tersebut.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Golkar Bidang Maritim ini melanjutkan, Indonesia juga sudah pernah mengajukan resolusi penyelesaian kasus kemanusian yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar pada forum ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) ke-38 di Manila, Filipina pada 15 September 2017 lalu. Hal yang sama juga pernah disampaikan BKSAP pada World Parliamentary Forum on Sustainable Development yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, 6-7 September 2017.

“Kita berharap krisis kemanusiaan di Rohingya ini menjadi perhatian dunia. Bagaiman pun harus ada resolusi konkrit untuk membantu penyelesaian krisis di Arakan tersebut,” harap H Firmandez.[IN]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Internasional

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top