Connect with us

Sektor Pertanian Serap 35 Persen Tenaga Kerja

Ekonomi

Sektor Pertanian Serap 35 Persen Tenaga Kerja

JAKARTA – Sektor pertanian secara nasional mampu menyerap 35 persen tenaga kerja. Di Nusa Tenggara Timur malah 61 persen tenaga kerja berada di sektor pertanian.

Penjelasan tersebut disampaikan Ketua DPR RI, Setya Novanto saat menghadiri panen raya di Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin, 13 November 2017.

Setya Novato datang ditemani Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI yang juga anggota Komisi IV DPR RI, Firman Soebagyo bersama staf khusus Ketua DPR RI Nurul Arifin. Kedatangan Ketua Umum DPP Golkar tersebut disambut oleh Wakil Bupati Kupang Korinus Masneno dan ketua DPRD Kupang Yosep Lede.

Setya Novanto mengaku senang bertemu langsung dengan para petani. Ia juga menjelaskan tentang peningkatan produksi nasional. Menurutnya, pada tahun 2016 produksi padi nasional mencapai 79,141 juta ton gabah kering giling.

“Ini terbesar sepanjang sejarah Indonesia merdeka, sehingga kita tak lagi mengimpor beras. Ini smeua berkat petani. Saya meyakini, jika ingin mensejahterakan masyarakat Indonesia dimulai dengan mensejahterakan petani,” kata Setya Novanto.

Sebagai Ketua DPR RI, Setya Novanto memberi jaminan DPR RI akan terus bekerja sama dengan pemerintah untuk menjadikan sektor pertanian sebagai prioritas pembangunan.

“Buktinya dalam APBN 2018 anggaran Kementerian Pertanian kita alokasikan mencapai Rp 22,65 triliun. 85 persen diantaranya atau sekitar Rp 19,3 triliun digunakan untuk belanja sarana dan prasaran seperti pembangunan irigasi, benij, pupuk, asuransi, serta bantuan alat dan mesin pertanian,” ungkapnya.

Ia berharap dengan anggaran yang besar tersebut, produksi beras nasional terus meningkat. Para petani juga diminta untuk tidak khawatir dengan harga gabah, karena sudah dijamin oleh pemerintah.[rls]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Ekonomi

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top