Connect with us

Pusdal SOKSI Minta Semua Pihak Bangun Rekonsiliasi Nasional dan Stop Polemik

Nasional

Pusdal SOKSI Minta Semua Pihak Bangun Rekonsiliasi Nasional dan Stop Polemik

JAKARTA – Pusat Pengendalian Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Pusdal SOKSI) bagi Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin meminta meminta semua pihak untuk membangun rekonsiliasi nasional dan menghentikan polemik.

Permintaan itu disampaikan Ketua Umum Pusdal SOKSI Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin, H Firmandez, Selasa, 25 Juni 2019 dalam diskusi terbatas di Jakarta Timur, terkait masih adanya penggiringan opini lewat media sosial yang seringkali menabrak etika dan mengabaikan kebenaran.

“Salah satunya adalah tentang posisi Kyai Ma’ruf Amin sebagai Dewan Pengawas Syariah di BNI Syariah dan Bank Syariah Mandiri, yang masih saja dipersoalkan sejumlah pihak di berbagai media,” jelas H Firmandez.

Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga (DPP) Golkar ini menjelaskan, pelaksanaan demokrasi di Indonesia meski belum sempurna, tapi sudah berupaya menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung bagi pihak-pihak yang berkompetisi untuk bertarung secara maksimal dalam merebut hati rakyat melalui program-program yang ditawarkan.

Kondisi inilah kiranya yang juga mengakibatkan banyak pemimpin dan masyarakat dunia memberikan apresiasi, sementara di dalam negeri sendiri masyarakat secara umum, berdasarkan polling SMRC dan Litbang Kompas, dapat menerima pelaksanaan pemilu itu.

Meski demikian, dalam prakteknya tetap saja ada segelintir pihak yang memperkeruh suasana dengan memanfaatkan situasi dan ruang yang tersedia untuk kepentingan sendiri dan kelompoknya dengan memperluas bidang atau hal pokok yang hendak dipermasalahkan.

“Upaya mengangkat isu adanya kecurangan yang terstruktur, sistematis dan massif guna menggugurkan perolehan suara 01, bergeser atau meluas ke posisi Ma’ruf Amin yang justru telah lolos melalui serangkaian test, telah diterima sebagai calon wapres, dan telah diterima sebagai peserta debat dan competitor,” lanjut H Firmandez.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini menilai, mempersoalkan posisi Ma’ruf Amin, setelah melalui perjalan panjang ini sungguh mengada-ada, dan mengindikasikan bahwa kelompok tertentu tidak firmed dengan alat bukti dan data penopang yang kuat atas tuduhan kecurangan yang terstruktur, sitematis dan masif.

Karena itu H Firmandez dengan tegas menyatakan bahwa upaya mempersoalkan posisi Ma’ruf Amin sebagai Dewan Pengawas Ekonomi Syariah, apalagi dengan tujuan mendiskualifikasi pasangan capres sungguh mengada-ada, apa lagi jika merujuk pada UU Perbankan Syariah No. 21 Tahun 2008.

“Di sini tertulis dengan jelas bahwa status dewan pengawas syariah di luar organ perusahaan. Jadi dia bukan bagian. Bahkan dia disebut sebagai pihak yang terafiliasi. Kalau pihak terafiliasi kan di luar, dia cuma ada keterkaitan. Saya yakin mereka tahu aturan ini tapi sengaja diabaikan. Bisa dikatakan mereka mengada-ada; mencari-cari persoalan karena tak bisa membuktikan tuduhan kecurangan yang mereka tuduhkan,” tambah H Firmandez.

H Firmandez menghimbau agar semua pihak menjaga kondisi yang kondusif untuk perjalanan demokrasi bangsa ke depan. Menjaga ruang kompetisi yang telah bergerak dari kotak suara, ke demontrasi di jalanan dan telah berlanjut ke ruang Mahkamah Konstitusi. Pemaparan fakta, data, alat bukti, dalil-dalil hukum oleh para saksi, ahli, dan tim/kuasa hukum di depan hakim Mahkamah Konstitusi telah disaksikan secara luas dan telah menjadi pendidikan politik dan penyadaran hukum.

“Semoga masyarakat utamanya para politisi mampu menghormati menghargai seluruh proses tersebut, mendorong penegakan dan keberadaan kita sebagai negara hukum, dan menerima hasil keputusan majelis hakim sebagai sebuah keputusan final dan mengikat, yang berorientasi pada rekonsiliasi nasional guna persatuan dan kesatuan kita sebagai suatu bangsa yang giat berusaha di era industri 4.0,” harap H Firmandez.[IN].

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Nasional

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top