Connect with us

Pengusaha KADIN Diminta Beri Nilai Tambah Bagi Kopi Gayo

Ekonomi

Pengusaha KADIN Diminta Beri Nilai Tambah Bagi Kopi Gayo

TAKENGON – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah meminta kepada para pengusaha yang tergabung dalam wadah Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh Tengah, untuk memberi nilai tambah bagi berbagai komoditas pertanian di dataran tinggi Gayo, khususnya kopi.

Permintaan itu disampaikan Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Bidan Pembangunan dan Ekonomi Amir Hamzah, Minggu, 7 Oktober 2018 pada Musyawarah Kabupaten (Mukab) KADIN Aceh Tengah di Hotel Arafah.

Menurut Bupati Shabela, Aceh Tengah memiliki banyak komoditas pertanian, mulai dari kopi, nilam, serai wangi dan berbagai komoditi lainnya. Tapi nilai tambah dari berbagai komoditi tersebut masih dinikmati oleh orang luar, karena dijual dalam bentuk bahan baku, bukan olahan.

“Kami berharap pengusaha-pengusaha KADIN untuk terus menjadi mitra Pemkab Aceh Tengah dalam mengembangkan berbagai komoditas, sehingga memberikan nilai lebih. Seperti misalnya tidak lagi menjual biji atau gabah kopi, tapi menjualnya dalam bentuk bubuk, sehingga ada nilai tambah, begitu juga dengan komoditas lain harus diolah di sini, sehingga bisa mendongkrak ekonomi warga dan akhirnya juga menambah pendapatan asli daerah,” ujar Shabela dalam sambutannya yang dibaca Amir Hamzah.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Aceh Tengah, Syukuruddin. Ia berharap KADIN Aceh Tengah bisa terus bekerja sama dengan Pemkab Aceh Tengah terutama di bidang perdagangan dan investasi.

Pada Mukab tersebut Arwin Mega terpilih sebagai Ketua KADIN Aceh Tengah periode 2018-2023. Sebelumnya Arwin Mega merupakan Ketua Gapensi di negeri Melem Diwa tersebut. Ia kemudian menerima penyerahan bendera pataka dari Ketua Umum KADIN Aceh H Firmandez dan dikukuhkan sebagai Ketua KADIN Aceh Tengah.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Bidang Organisasi, Asosiasi dan Pembinaan Daerah KADIN Aceh, T Sulaiman Badai berpesan agar KADIN Aceh Tengah bisa terus menjadi mitra pemerintah dalam membangun ekonomi daerah, serta bisa terus menjadi wadah untuk pembinaan bagi para pengusaha di Aceh Tengah.

“Organisasi KADIN ini harus menjadi wadah untuk pembinaan anggota, agar terwujudnya kaderisasi yang baik. Pengusaha-pengusaha muda harus dirangkul dan diberdayakan, agar sama-sama bangkit membangun dunia usaha menuju kesejahteraa masyarakat banyak,” harap T Sulaiman Badai.

Mukab KADIN Aceh Tengah selain dihadiri oleh para pengusaha yang tergabung dalam organisasi tersebut, juga dihadiri oleh unsur Forkopimda Aceh Tengah dan beberapa pejabat dari instansi terkait.[IN]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Ekonomi

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top