Connect with us

Penari Saman Latih Pelajar Belgia

Internasional

Penari Saman Latih Pelajar Belgia

BRUSSELS – Para pelajar di Belgia meminta diajarkan tari saman langsung oleh penari dari Gayo Lues, Aceh. Daerah asal tarian tersebut. Permintaan itu disanggupi, anak-anak Belgia diberikan pelatihan tarian seribu tangan tersebut.

Tari saman asal Gayo Lues Aceh memang sudah mendunia, setelah lembaga dunia UNESCO mengakuinya sebagai warisan dunia tak benda pada tahun 2014 silam. Para penari saman dari Gayo Lues pun sering dipanggil untuk tampil di manca negara.

Ketertarikan anak-anak Belgia terhadap tari saman muncul setelah menyasikan pertunjukan saman oleh 15 penari dari Gayo Lues, Aceh, pada Eropalia Art Festival.

“Bukan hanya anak-anak dan pelajar saja, tapi juga orang-orang dewasa dan pejabat setempat terkagum dengan tarian saman. Bila sebelumnya mereka hanya menonton di youtube kemarin mereka bisa menyaksika langsung pertunjukannya di Belgia,” jelas Kepala Dinas Kebudayaan Gayo Lues, Syafruddin melalui pesan WA dari Belgia, Kamis,12 Oktober 2017.

Syafruddin mengaku sempat kwalahan menjawab pertanyaan anak-anak yang mengikuti work shop tersebut, termasuk harus menjelaskan tata cara main saman dan sejarah singkat adanya tari saman.

“Kita cuma menyampaikan tata caranya, dan saya yakin, siapapun yang ingin belajar tari saman pasti bisa, asalkan pelatihnya orang-orang yang bergelut di seni tari saman, kalau menyangkut gerakan, saya rasa itupun tidak sulit, tinggal mengikuti intruksi pelatih saja,” jelasnya.[WP]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Internasional

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top