Connect with us

Pemerintah Harus Perluas Peran Swasta Dalam Pembangunan

Nasional

Pemerintah Harus Perluas Peran Swasta Dalam Pembangunan

JAKARTA – Pembangunan di Indonesia tidak boleh didominasi oleh swasta, tapi diharapkan agar pembangunan di Indonesia juga harus memberi peran yang lebih luas kepada swasta, sebagai upaya untuk meningkatkan investasi.

Hal itu disampaikan anggota Komisi Vii DPR RI, H Firmandez, Jumat, 2 Agustus 2019. Menurut politisi Golkar dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini, selama ini pengerjaan proyek pembangunan nasional didominasi oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sehingga peran swasta menjadi sempit.

“Kita harap pemerintah bisa memberi peran yang lebih kepada swasta dalam pembangunan, karena tanpa keterlibatan swasta pergerakan investasi akan melambat, padahal investasi sangat penting untuk meningkatkan produktivitas pertumbuhan ekonomi,” jelas Wakil Ketua Umum Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan dan Industri Indonesia (Ardindo) tersebut.

Menurut H Firmandez, Pemerintah perlu merumuskan kembali kebijakan yang berkaitan dengan persaingan usaha antara BUMN dengan swasta, agar setiap program pembangunan di Indonesia bisa dimanfaatkan oleh swasta dan terciptanya persaingan yang sehat.

“Swasta juga perlu hidup dengan mendapatkan pekerjaan-pekerjaan dari proyek nasional, sehingga mereka berkambang, jangan sampai swasta gulung tikar hanya karena persaingan yang tidak timpang dengan BUMN,” lanjut mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh itu.

Masih menurut H Firmandez, perlu adanya kehadiran pemerintah melalui pemberian kesempatan yang lebih luas kepada swasta dalam berpartisipasi di berbagai proyek nasional, sehingga swasta bisa tumbuh dan memberi dampak yang lebih baik bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

“Peranan swasta dalam pembangunan infrastruktur sangat diperlukan dan dapat dilakukan melalui skema public private partnership yakni kemitraan swasta publik, sehingga pembangunan bisa berkembang, dan dengan keterlibatan pihak swasta akan tercipta sinergitas yang baik dalam pembangunan ekonomi nasional,” tambah Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) Himpunan Pengusaha Swadiri Indonesia (HIPSI) tersebut.[IN]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Nasional

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top