Connect with us

Pemerintah Harus Perketat Aturan Tenaga Kerja Asing

Nasional

Pemerintah Harus Perketat Aturan Tenaga Kerja Asing

JAKARTA – Banyaknya tenaga kerja asing di Indonesia ikut berdampak pada meningkat angka pengangguran. Pemerintah diminta untuk memperketat regulasi dan menyerap tenaga kerja lokal di berbagai proyek pemerintah.

Permintaan itu disampaikan anggota Komisi V DPR RI yang membidangi urusan infrastruktur dan perhubungan, H Firmandez, Sabtu, 21 Oktober 2017. Politisi Golkar dari daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2 ini menilai pekerjaan-pekerjaan yang bisa dikerjakan tenaga kerja dalam negeri tak seharusnya dimasuki tenaga kerja asing.

“Kecuali tenaga kerja asing itu sumber daya ahli yang memang dibutuhkan pada proyek-proyek tertentu, tapi kalau buruh pun didatangkan dari luar negeri, anak negeri ini mau kerja di mana?” tanya Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Golkar Bidang Maritim tersebut.

Di sisi lain H Firmandez meminta pemerintah untuk meningkatkan dan memperbanyak lembaga pendidikan vokasi dan balai latihan kerja untuk mendidik tenaga kerja siap pakai dari dalam negeri.

“Selesai pendidikan atau pelatihan, mereka bisa bekerja di proyek-proyek pemerintah. Ini penting untuk menekan angka penganguran. Sejalan dengan itu ketergantungan pada tenaga kerja asing bisa dikurangi. Intinya pemerintah harus menyiapkan tenaga kerja lokal untuk menggantikan tenaga kerja asing secara bertahap,” harap H Firmandez.[IN]

1 Comment

1 Comment

  1. Avatar

    Edward Alda

    22 Oktober 2017 at 11:03 am

    MASALAH TENAGA,KERJA TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH KARENA PENGANGGURAN AKAN MENJADI BOM ATOM BAGI PEMERUNTAH ITU SENDIRI

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Nasional

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top