Connect with us

Komisi VII DPR RI Uji 16 Calon Anggota Dewan Energi Nasional

Nasional

Komisi VII DPR RI Uji 16 Calon Anggota Dewan Energi Nasional

BANDA ACEH – Komisi VII DPR-RI melakukan uji kelayakan dan kepatutan (Fit and Proper Test) 16 orang calon anggota Dewan Energi Nasional (DEN) periode 2019-2024, Senin, 1 Juli 2019.

Anggota Komisi VII DPR-RI, H Firmandez mengungkapkan, sesuai dengan amanat UU No. 30 Tahun 2007, Dewan Energi Nasional bertugas untuk merancang dan merumuskan kebijakan energi nasional untuk ditetapkan oleh pemerintah dengan persetujuan DPR, menetapkan rencana umum energi nasional, menetapkan langkah-langkah penanggulangan kondisi krisis dan darurat energi, mengawasi pelaksanaan kebijakan di bidang energi yang bersifat lintas sektoral.

“Mereka yang mengikuti uji kelayaan dan kepatutan ini merupakan 16 nama yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo kepada DPR, mereka berasal dari berbagai kelompok profesi, mulai dari akademisi, pakar teknologi, ahli lingkungan hidup, pelaku industri dan berbagai kalangan lainnya,” jelas H Firmandez, Selasa, 2 Juli 2019.

Politisi Golkar dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini menambahkan, uji kepatutan dan kelayakan dilakukan untuk mengetahui kompetensi dan kapabilitas dari para calon, karena nantinya mereka akan mengurus segala kebijakan di bidang energi yang bersifat lintas sektoral.

“Dewan Energi Nasional bersifat nasional, mandiri, dan tetap, yang bertanggung jawab atas kebijakan energi nasional. Dewan Energi Nasional dibentuk melalui Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2008. Pembentukannya sesuai dengan amanat UU Nomor 30 Tahun 2007,” lanjut H Firmandez.

Adapun 16 calon anggota DEN mengikuti uji kelayaan dan kepatutan tersebut adalah, dari kalangan akademisi ada nama Agus Puji Prasetyono, Armansyah Halomoan Tambunan, Imam Supriyadi dan Sudharto Prawata Hadi. Sementara dari pelaku industri ada Nasri Sebayang, Hadi Siswoyo, Herman Darnel Ibrahim dan Andri Doni.

Kemudian dari kalangan konsumen ada Eri Purnomohadi, Dicky Edwin Hindarto, Alihuddin Sitompul dan Dwi Harry Soeryadi. Dua orang dari pakar teknologi Irnanda Laksanawan dan Arnold Soetrisnanto, serta dua orang dari ahli lingkungan hidup Farida Zed dan Koespraptini Ria.[IN]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Nasional

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top