Connect with us

Komisi V DPR RI Lakukan Pengawasan Kontruksi Kereta Api Layang Kualanamu

Nasional

Komisi V DPR RI Lakukan Pengawasan Kontruksi Kereta Api Layang Kualanamu

MEDAN – Tim dari Komisi V DPR RI, melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) spesifik ke Sumatera Utara, terkait pengawasan keselamatan konstruksi pada pembangunan jalur kereta rel ganda kereta api layang Kuala Namu ke Bandar Khalifah dan Medan. Kunker spesifik selama 3 hari itu dimulai sejak Rabu hingga Jumat, 18-20 April 2018.

Anggota Komisi V DPR RI yang membidangi urusan infrastruktur dan perhubungan, H Firmandez, Kamis, 19 April 2018 menjelaskan, Kunker spesifik tersebut merupakan bagian dari pengawasan legislatif terhadap berbagai proyek nasional.

“Kita menginginkan agar pemerintah tidak hanya kejar target, tapi juga perlu ada pengawasan dan kesadaran yang tinggi untuk mengutamakan keamanan dan keselamatan kerja. Kita tak ingin kecelakaan terulang. Pemerintah harus tegas dala hal ini,” ujar politisi Golkar asal Aceh tersebut.

Selain itu, Ketua Departemen Hubungan Lembaga Politik DPP Golkar ini mengharapkan agar pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperbanyak jumlah pengawas.

“Selama ini kan jumlah pengawas tidak sebanding dengan jumlah pekerjaan yang diawasi. Kita tidak ingin kecelakana kontruksi karena kegagalam manajemen kontruksi terus berulang,” lanjut H Firmandez.

H Firmandez mengharapkan, Komite Keselamatan Konstruksi (KKK) juga bisa melakukan tugas pengawasan dengan baik, untuk memastikan semua prosedur selama proses kontruksi dilakukan dengan baik.

“Ini harus diperhatikan mulai dari aspek desain, procurement atau pengadaan alat sebelum konstruksi, hingga aspek saat proses kontruksi. Libatkan semua pihak, termasuk BMKG untuk memastikan faktor alam saat proses pembangunannya,” himbau H Firmandez.

Masih menurut H Firmandez, kontraktror pelaksana proyek juga harus memenuhi standar operasional prosedur (SOP) dalam setiap tahapan pekerjaan, serta memastikan bahwa subkontraktor mengikuti semua arahan konsultan pengawas yang sudah ditetapkan.[IN]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Nasional

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top