Connect with us

Kemenhub Akan Ambil Alih Pengelolaan Bandara Malikussaleh

Aceh

Kemenhub Akan Ambil Alih Pengelolaan Bandara Malikussaleh

LHOKSEUMAWE – Pengelolan Bandara Malikussaleh di Kabupaten Aceh Utara akan diambil alih oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagaimana permintaan pemerintah setempat. Intervensi pemerintah sangat penting untuk peningkatan fasilitas bandara eks PT Arun LNG tersebut.

Kepastian itu disampaikan anggota Komisi V DPR RI asal Aceh, H Firmandez, Rabu, 24 Januari 2018 dalam Rapar Dengar Pendapat (RDP) Kemenhub dengan Komisi V DPR RI di gedung Komisi V.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Golkar Bidang Maritim ini menjelaskan, pihaknya telah menanyakan langsung hal tersebut dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyanggupinya.

“Alhamdulillah sudah direspon. Akan segera diproses serah terima pengelolaan Bandara Malikussaleh, fasilitas bandara juga akan ditingkatkan untuk mendukung peningkatan investasi dan operasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe,” jelas H Firmandez.

Anggota DPR RI asal daerah pemilihan (dapil) Aceh 5 ini mengungkapkan, pembangunan dan peningkatan fasilitas Bandara Malikussaleh dilakukan agar lebih baik dari sekarang, mulai dari perpanjangan landasan pacu (runway), tempat parkir pesawat (apron), perlengakapan navigasi, menara dan lampu landasan, hingga penempatan SDM yang mumpuni dan pembangunan gedung bandara.

“Mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Aceh Utara dan sekitarnya, semoga secepatnya direalisasi,” harap Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI tersebut.

Selain itu, dalam pertemuan Menhub dengan Komisi V DPR RI tersebut, H Firmandez juga menyampaikan tentang pembangunan jaringan rel kereta api di Aceh yang mangkrak, serta penambahan kapal penyeberangan dari Banda Aceh ke Sabang.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pemkab Aceh Utara mengajukan permohonan pengelolaan Bandara Malikussaleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk terjaminnya operasional, serta perbaikan berbagai infrastruktur di dalamnya. Campur tangan pemerintah sangat dibutuhkan dalam pengelolaan bandara tersebut, karena tak mungkin seterusnya disubsidi dari APBK Aceh Utara.[HK]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Aceh

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top