Connect with us

Kebijakan Tentang Renewable Energy Harus Pro Investasi

Nasional

Kebijakan Tentang Renewable Energy Harus Pro Investasi

JAKARTA – Pengelolaan energi terbarukan (renewable energi) di Indonesia masih sangat minim. Padahal potensinya sangat melimpah. Pemerintah harus mendorong perkembangannya melalu berbagai regulasi yang pro investasi.

Hal itu disampaikan anggota Komisi VII DPR-RI yang membidangi urusan energi dan lingkungan hidup, H Firmandez, Sabtu, 1 Desember 2018. Politisi Golkar ini menjelaskan, untuk memakasimalkan pengelolaan renewable energi pemerintah harus membangun pembangkit-pembangkit baru yang lebih ramah lingkungan.

“Renewable energi ini jawaban terhadap kebutuhan energi ramah lingkungan pada masa yang akan datang. Selama ini potensi yang dikelola belum mencapai 10 persen, jadi kita mendorong pemerintah untuk meningkatkannya,” ujar anggota DPR RI dari daerah pemiliha (dapil) Aceh 2 tersebut.

Selain itu kata H Firmandez, untuk pengembangan renewable energi energi tersebut, pemerintah harus menggandeng investor yang memiliki perangkat teknologi mutakhir untuk pengelolaan setiap potensi energi terbarukan. “Pemerintah harus melakun ekspansi dalam hal ini, serta menggaet investor melalui penyederhanaan regulasi tentang renewable energi yang memberi kemudahan bagi masuknya investasi,” lanjut H Firmandez.

H Firmandez menambahkan, penggunaan renewable energy telah menjadi pembahasan serius dalam pertemuan parlemen dunia, World Parliamentary Forum on Sustainable Development (WPFSD) yang diikuti parlemen 45 negara di Bali beberapa waktu lalu.

DPR RI bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga sudah menyepakati pentingnya peningkatkan porsi dan penggunaan renewable energi di Indonesia, untuk menghilangkan ketergantungan terhadap energi fosil.

H Firmandez yang juga anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI ini menilai kekompakan Kementerian ESDM dan DPR RI dalam hal tersebut, merupakan langkah maju untuk pengembangan renewable energi di Indonesia.

“Penggunaan renewable energi penting untuk menjawab persoalan climate change, kita perlu mengurangi pemakain energi kotor yang berdampak pada kerusakan lingkungan. Renewable energi merupakan solusi untuk memperoleh energi yang bersih,” jelas Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga DPP Golkar tersebut.

Selain itu kata H Firmandez, penggunaan EBT juga jawaban terhadap meningkatnya
kebutuhan dan permintaan energi di Indonesia setiap tahun akibat peningkatan jumlah penduduk dan pembangunan, sementara ketersediaan sumber energi fosil ada batasnya.[IN]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Nasional

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top