Connect with us

KADIN Aceh Dukung Pemberantasan Rentenir Melalui Penguatan Koperasi

Aceh

KADIN Aceh Dukung Pemberantasan Rentenir Melalui Penguatan Koperasi

BANDA ACEH – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Aceh sangat mendukung upaya pemberantasan rentenir melalui penguatan koperasi, sebagaimana diupayakan Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar. Penguatan koperasi dinilai sangat strategis untuk peningkatan ekonomi masyarakat di negeri dataran tinggi Gayo tersebut.

Penegasan itu disampaikan Ketua Umum KADIN Aceh, H Firmandez, Senin, 29 Januari 2018. Menurutnya, untuk mencegah terjadinya praktek lintah darah oleh para rentenir, masyarakat harus diberi pemahanam dan edukasi tentang perencanaan keuangan dan pengembangan usaha, serta didekatkan dengan lembaga keuangan untuk memudahkan akses modal usaha.

“Yang terjerat rentenir itu umumnya kan para pelaku usaha kecil. Untuk melepaskan mereka dari jerat lintah darat ini, selain melalui penguatan koperasi juga bisa dilakukan dengan cara mendekatkan lembaga keuangan kepada masyarakat. Baik perbankan, maupun non perbankan. Minimal lembaga keuangan ada di setiap kecamatan,” jelas H Firmandez.
Anggota DPR RI asal daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2 ini melanjutkan, pemerintah daerah harus berupaya untuk menjalankan program-program pemberdayaan yang membuat masyarakat mudah mengakses modal.

“Jadi saya sangat mendukung gerakan revitalisasi koperasi yang dilakukan Bupati Aceh Tengah. Namun perlu dipahami juga, selain revitalisasi juga harus pembinaan dan penguatan lembaga. Karena bagaimana pun dewasa ini banyak koperasi yang tidak jelas kepengurusannya,” lanjut H Firmandez.

Masih menurut H Firmandez, berdasarkan data yang dilansir Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh, dari 6.883 unit koperasi di Aceh, koperasi yang aktif hanya 4.356 unit atau sekitar 63,29 persen. Sementara koperasi yang kurang atau tidak aktif mencapai 2.527 unit atau 36,71 persen.

“Ini tantangan bagi pemerintah daerah, termasuk pemerintah kabupaten Aceh Tengah. Harus ada pembenahan yang berkelanjutan untuk meningkatkan citra koperasi. Jadi kita sangat mendukung upaya revitaliasasi koperasi ini untuk mencegah praktek rentenir di tengah-tengah masyarakat,” pungkas H Firmandez.[IN]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Aceh

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top