Connect with us

H Firmandez: Skema Kerja Sama Aramco Harus Untungkan Indonesia

Ekonomi

H Firmandez: Skema Kerja Sama Aramco Harus Untungkan Indonesia

CILACAP – Skema baru kerja sama antara PT Pertamina dengan Saudi Aramco di kilang Cilacap diharapkan bisa lebih menguntungkan Indonesia dalam upaya membangun ketahanan energi nasional. Harus ada win-win solution dalam revitalisasi kilang minyak tersebut.

Hal itu disampaikan anggota Komisi VII DPR RI yang membidangi urusan energi, riset dan teknologi, serta lingkungan hidup, H Firmandez, menanggapi dicapainya kesepakatan Pertamina dan Saudi Aramco untuk melanjutkan kerja sama pengembangan kilang minyak Cilacap.

“Dulu Aramco kan juga perah meminta agar fasilitas tax holiday selama 20 tahun dan diizikan masuk ke distribusi hilir atau penjualan BBM da industri petrochemical di Indonesia. Hal itu harus menjadi perhatian untung ruginya bagi kita,” ujar H Firmandez.

Meski demikian politisi Golkar dari daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2 ini menyambut baik dicapainya kesepakatan yang akan melibatkan reputable financial advisor tersebut dalam rangka finalisasi valuasi dan skema kerja sama. “Kita berharap skema kerja sama bisa lebih menguntungkan,” harap Ketua DPP Golkar Bidang Hubungan Antar Lembaga itu.

H Firmandez menambahkan, untuk itu pemerintah melalui Tim Gabungan dari Kementeria Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Keuangan, dan PT Pertamia yang akan dibentuk harus bisa memastikan dan mengawal seluruh proses dengan baik, sehingga kerja sama tersebut benar-benar lebih menguntunkan bagi ketahanan energi nasional.

Sebagai mana diketahui, revitalisasi kilang Cilacap akan meningkatkan kapasitas produksi kilang hingga 400 ribu barel per hari (bph), dari kapasitas saat ini sebesar 358 ribu bph. Meskipun dari sisi volume tidak terlalu besar peningkatannya, tapi kompleksitas produksi kilang akan semakin meningkat tajam dengan standar NCI menjadi 9,4 meningkat pesat dari sebelumnya yang hanya empat.[IN]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Ekonomi

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top