Connect with us

H Firmandez: Ombilin Sawahlunto Bisa jadi Contoh Penangan Pasca Tambang

Nasional

H Firmandez: Ombilin Sawahlunto Bisa jadi Contoh Penangan Pasca Tambang

JAKARTA – Ditetapkannya pertambangan batu bara zaman kolonial Ombilin di Sawahlunto atau “Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto”, Sumatera Barat sebagai warisan budaya dunia, bisa menjadi contoh bagi penangan pasca tambang di Indonesia. Undang-undang juga mewajibkan pemulihan lingkungan pasca tambang.

Hal itu disampaikan anggota Komisi VII DPR RI yang membidangi urusan energi, riset dan teknologi, serta lingkungan hidup, H Firmandez. Politisi Golkar dari daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2 ini menjelaskan, lahan bekas tambang wajib direklamasi oleh para pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan IUP Khusus (IUPK), sebagaimana sudah direnanakan sejak pengajuan permohonan operasi.

“Ombilin di Sawahlunto bisa menjadi contoh bagi penangan pasca tambang di Indonesia. Lahan bekas bisa direklamsi atau dijadikan objek wisata, yang penting penangannya adalah untuk pemulihan lingkungan, yang bisa sejalan dengan pengembangan objek wisata, katakanlah semisal wisata sejarah tambang itu sendiri,” jelas H Firmandez.

Ombilin di Sawahlunto sebagai tambang batu bara peninggalan pemerintah Kolonial Belanda menurut H Firmandez tentu memiliki banyak sisi yang bisa dikemas menjadi paket pariwisata, karena banyak kisah dan sejarah di dalamnya.

Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar ini menambahkan, setiap pertambangan di Indonesia diwajibkan untuk menyediakan dana jaminan reklamasi dan dana jaminan pasca tambang.

“Ini diatur dalam UU No 4 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara. Ada sanksi bagi perusahaan yang tidak memenuhi kewajiban tersebut. Ombilin di Sawahlunto bisa jadi cotoh bagi penangan pasca tambang di tambang-tambang lainnya di Indonesia,” jelasnya. [HK]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Nasional

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top