Connect with us

H Firmandez: FTZ Batam Lebih Baik Tetap di Bawah Pemerintah Pusat

Nasional

H Firmandez: FTZ Batam Lebih Baik Tetap di Bawah Pemerintah Pusat

JAKARTA – Pengelolaan kawasan Free Trade Zone (FTZ) Batam lebih baik tetap berada di bawah Pemerintah Pusat melalui kementerian terkait. Pasalnya, jika dilepaskan ke pemerintah daerah dikhawatirkan akan membuat daya saing Batam menurun.

Hal tersebut disampaikan anggota Komisi VII DPR RI, H Firmandez, Rabu, 4 September 2019. Menurut politisi Golkar dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini, Batam merupakan kawasan tujuan investasi strategis yang berada di jalur perdagangan dunia antara Malaysia dan Singapura.

“Selama ini FTZ Batam telah memberi banyak kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional, dikhawatirkan kalau dialihkan ke daerah, pengembangan dan pertumbuhannya akan menurun,” ujar Ketua Departemen Hubungan Antar Lenbaga DPP Golkar tersebut.

H Firmandez yang pernah tiga periode memimpin Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh ini menambahkan, Batam degan fasilitas FTZ selama ini telah memungkinkan barang impor dan ekspor di Batam tak kena tarif PPN, PPN BM dan Bea. Selain memenuhi pasar dalam negeri, Batam juga akan tetap berperan sebagai penyumbang ekspor nasional.

“Pengelola kawasan FTZ Batam sekarang harus lebih fokus dalam pengembangan industri yang lebih banyak menyerap tenaga kerja. Pemerintah Pusat bisa mengarahannya berbagai bidang industry, misalnya industry galangan kapal, elektronik serta industri penunjang minyak dan gas,” ujar H Firmandez.

Selain itu kata H Firmandez, pengelola kawasan FTZ Batam harus difokuskan pada bidang industri tertentu yang berbasis pengembangan tenaga kerja. Karewa kawasan perdagangan bebas maka pemerintah tidak memungut bea masuk dan pajak atas barang yang masuk dan keluar dari kawasan tersebut, tetapi itu bisa diganti dengan pendapatan yang diterima rakyat dengan adanya lapangan kerja.

“Jadi dari satu sisi bebas bead an pajak, tapi di sisi lain rakyat mendapat pendapatan dengan tersedianya lapangan pekerjaan. Ini akan maksimal jika FTZ Batam tetap berada di bawah Pemerintah Pusat, kementerian terkait bisa memikirkan hal tersebut,” pungkas H Firmandez.[IN]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Nasional

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top