Connect with us

H Firmandez Dukung Usulan NU Agar Wakaf Diberi Pengurangan Wajib Pajak

Nasional

H Firmandez Dukung Usulan NU Agar Wakaf Diberi Pengurangan Wajib Pajak

JAKARTA – Anggota Komisi V DPR RI sangat mendukung usulan yang diajukan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) agar pembayaran wakaf uang, perseorangan, dan atau entitas usaha yang sudah mendapat sertifikat wakaf bisa diberi pengurangan sebagai wajib pajak.

“Saya sangat mendukung wacana ini, karena dana wakaf itu merupakan dana abadi yang juga berkaitan dengan ummat. Saya berharap ini dimasukkan dalam Rancangan Undang Undang Ketentuan Umum Perpajakan (RUU KUP) yang sedang dibahas. Ini merupakan titik peradaban perpajakan baru Indonesia,” jelas H Firmandez.

Ketua Departemen Hubungan Lembaga Politik DPP Golkar ini menjelaskan, Undang Undang KUP yang masih berlaku sekarang sudah kurang cocok dengan pesatnya perkembangan zaman. “Apalagi yang menyangkut dengan masalah keummatan. Ini harus menjadi tonggak baru untuk penyempurnaan KUP,” harap H Firmandez.

Selain itu, anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini menjelaskan, 12 tahun yang lalu hal seperti itu sudah pernah diperjuangkannya. Sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh, waktu itu H Firemandez mengusulkan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani agar zakat bisa mengurangi ketetapan pajak.

“Saat itu Dirjen Pajaknya Fuad Rahmani, Alhamdulillah perjuangan kawan-kawan KADIN di Aceh berhasil, meski zakat tidak mengurangi ketetapan pajak sebagaimana yang kami usulkan saat itu, tapi disetujui zakat sebagai tambahan biaya, sehingga bisa mengurangi laba, dan tentunya juga berpengaruh pada pengurangan pajak,” ungkap H Firmandez.

Sebagaimana diketahui, PB NU melalui surat bernomor 1480/B.II.07/08/2017 mengusulkan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani agar pembayaran pembayaran wakaf uang, perseorangan, dan atau entitas usaha yang sudah mendapat sertifikat wakaf bisa diberi pengurangan sebagai wajib pajak. Surat bertanggal 22 Agustus 2017 itu ditandatangani oleh Ketua Umum PBNU Prof. Dr. KH Said Aqil Siroj MA dan Sekretaris Jenderal DR. Ir H A Helmi Faishal Zaini.[IN]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Nasional

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top