Connect with us

H Firmandez Apresiasi Presiden Jokowi Ambil Alih Saham Freeport

Nasional

H Firmandez Apresiasi Presiden Jokowi Ambil Alih Saham Freeport

JAKARTA – Anggota Komisi VII DPR-RI, H Firmandez mengapresiasi langkah pemerintah yang mengambil alih saham PT Freeport Indonesia hingga menjadi pemegang saham mayoritas sebesar 51,23 persen.

Saham dominan itu diperoleh setelah pemerintah melalui PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) membayarkan sekitar Rp 56 triliun. “Ini patut kita apresiasi, setelah sekian puluh tahun baru sekarang Indonesia bisa menjadi pemegang saham dominan. Semoga ini membawa kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujar H Firmandez, Jumat, 21 Desember 2018 di Jakarta.

Menurut politisi Golkar dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 tersebut, pengambilalihan saham PT Freeport Indonesia oleh pemerintah merupakan momentum bersejarah, setelah 50 tahun perusahaan tersebut beroperasi.

“Selama puluhan tahun Indonesia hanya memegang 9,36 persen saham. Ini langkah bersejarah yang diambil oleh Presiden Jokowi dan Menteri Energi Sumber Daya Mineral Ignasisu Jonan. Jadi, ini patut kita beri apresiasi,” lanjut Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar tersebut.

H Firmandez menambahkan, dengan kepemilikan saham mayoritas tersebut, hasil tambang Freeport bisa digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat Indonesia, terutama masyarakat Papua, karena dengan peningkatan kepemilikan saham pendapatan negara dari Freeprot juga akan meningkat.

Masih menurut H Firmandez, upaya untuk pengambilalihan saham PT Freeport telah dilakukan sejak Pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1/2017 perubahan keempat PP Nomor 23/2010 tentang pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan mineral dan batu bara.

“PP ini memuat beberapa poin penting tentang perubahan ketentuan divestasi saham sampai dengan 51 persen secara bertahap. Setelah itu renegosiasi dilakukan dengan Freeport McMoRan (FCX) pemilik 90,64 saat itu. Kementerian BUMN menugaskan Inalum untuk pengambilalihan saham tersebut. Jadi, prosesnya panjang dengan segala lika-likunya, makanya sekali lagi saya katakan, keberhasilan ini patut diapresiasi oleh semua pihak,” ungkap H Firmandez.[IN]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Nasional

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top