Connect with us

Ekspetasi Usaha Topang Optimisme Konsumen Nasional

Ekonomi

Ekspetasi Usaha Topang Optimisme Konsumen Nasional

JAKARTA – Survei Konsumen Bank Indonesia pada Maret 2018 menunjukkan optimisme konsumen masih tetap terjaga, meskipun tidak sekuat hasil survei bulan sebelumnya.

Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Maret 2018 yang tetap berada di atas 100 yakni sebesar 121,6, namun lebih rendah dari IKK bulan sebelumnya sebesar 122,5.

Terjaganya optimisme konsumen terutama ditopang oleh ekspektasi peningkatan kegiatan usaha dalam 6 bulan mendatang. Namun, persepsi terhadap menurunnya ketersediaan lapangan kerja saat ini menyebabkan IKK bulan Maret 2018 menjadi lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Hasil survei juga mengindikasikan bahwa tekanan kenaikan harga diperkirakan meningkat dalam 3 bulan mendatang (Juni 2018). Perkiraan konsumen terhadap perkembangan harga tersebut terutama dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan barang dan jasa pada masa Ramadhan dan Idul Fitri. Namun, tekanan harga dalam 6 bulan mendatang diperkirakan menurun didukung oleh persepsi konsumen terhadap meningkatnya pasokan barang. ​[rls]​​​

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Ekonomi

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top