Connect with us

BPK Akan Diminta Audit Dana Otsus

Nasional

BPK Akan Diminta Audit Dana Otsus

JAKARTA – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia akan diminta untuk melakukan audit penggunaan dana otonomi khusus (otsus).

Hal itu disampaikan Ketua Tim Pemantau Otsus Aceh Papua dan Keistimewaan Yogjakarta, Fadli Zon usai memimpin rapat internal Otsus, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin, 11 Februari 2019.

“Tim ini sangat penting untuk memantau peraturan Outsus, baik peraturan-peraturan dan implementasi dari undang-undang yang ada. Ini, kan, berbeda dari daerah-daerah lain yang mempunyai undang-undang khusus dengan dana yang juga khusus. Ada dana Outsus Aceh, ada dana Outsus Papua, dan ada dana Otsus Yogyakarta,” tutur legislator Partai Gerindra itu.

Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) DPR RI juga segera akan berkunjung ke tiga wilayah khusus, yaitu Papua, Aceh, dan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk melihat pelaksanaan regulasi Otsus. Ketiga wilayah ini punya kekhususan sendiri dengan anggaran yang juga khusus.

Fadli Zon menjelaskan, ada usulan agar Tim Pemantau mengunjungi tiga wilayah khusus itu untuk melihat dari dekat implementasi peraturan khusus. “Agendanya seperti di ada pelaksanaan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Arun Lhokseumawe. Di Papua saya kira kita perlu melihat persiapan menghadapi Pemilu,” kata Fadli Zon.

Sementara di Yogyakarta, tim akan memantau implementasi Perda khusus yang berlaku di wilayah Provinsi Yogyakarta. Anggaran di ketiga wilayah tersebut, sambung Wakil Ketua DPR RI ini, juga menggunakan anggaran khusus.

Yang menarik, ada usulan yang berkembang dalam rapat internal itu. Pada periode yang akan datang, Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta akan masuk Tim Pemantau DPR RI. DKI Jakarta juga punya kekhususan sebagai ibu kota negara. “Kita harapkan pada periode yang akan datang, kita akan ikut memantau DKI,” ungkap Fadli.[rls]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Nasional

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top