Connect with us

BI Galakkan Gerakan Non Tunai di Papua

Ekonomi

BI Galakkan Gerakan Non Tunai di Papua

JAKARTA – Bank Indonesia menggelar Pekan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) Papua 2017. Acara tersebut dibuka oleh Deputi Gubernur BI, Sugeng, Jumat, 13 Oktober 2017. Kegiatan ini menjadi ajang sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan awareness, pemahaman dan minat masyarakat di Papua terhadap instrumen pembayaran nontunai.

Dalam sambutannya Sugeng berharap acara tersebut mampu menampung ide dan inovasi untuk memperkuat GNNT melalui berbagai kegiatan, termasuk kompetisi. Kegiatan yang diselenggarakan pada Pekan GNNT ini antara lain meliputi sosialisasi di Sekolah Pionir GNNT, Lomba Kampanye Kreatif GNNT, Papua GNNT Expo dan Papua GNNT Fun Run.

“Ini sebagai bentuk tanggung jawab BI dalam menjalankan mandat mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran di Indonesia, serta sebagai wujud kepedulian kepada generasi masa depan agar para penerus kita nantinya tidak tertinggal dalam hal adopsi teknologi pembayaran terkini,” jelas Sugeng.

Menurut Sugeng, Bank Indonesia akan terus memutakhirkan sistem maupun regulasi terkait sistem pembayaran agar mampu mengimbangi inovasi di bidang sistem pembayaran. Sejalan dengan itu, Bank Indonesia juga aktif mendorong masyarakat, pelaku bisnis dan lembaga-lembaga pemerintah untuk menggunakan sarana pembayaran nontunai.

“Ada berbagai manfaat yang dapat diperoleh dalam melakukan transaksi nontunai, antara lain kepraktisan dan keamanan dalam bertransaksi, serta kemudahan monitoring dan perencanaan dunia usaha maupun perekonomian secara umum karena pencatatan transaksi yang terjadi dilakukan secara otomatis dan transparan,” ungkapnya.

Pada kesempatan kegiatan di Papua, Bank Indonesia juga melakukan peninjauan implementasi program BI Jangkau dan penggunaan Rupiah di perbatasan, di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Skouw, Distrik Muaratami, Papua termasuk terkait kesiapan infrastruktur pendukungnya seperti money changer dan ATM.

Program BI Jangkau merupakan upaya Bank Indonesia bekerjasama dengan perbankan, pegadaian, dan/atau pihak lain untuk memastikan ketersediaan uang rupiah dalam jumlah dan nominal yang cukup sesuai kebutuhan masyarakat hingga ke daerah Terdepan, Terluar dan Terpencil (3T).

Diharapkan dengan adanya rangkaian kegiatan Pekan GNNT khususnya di Papua dapat mendorong masyarakat untuk memiliki dan menggunakan instrumen nontunai dalam berbagai transaksi sehari-hari.[IN/rls]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Ekonomi

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top