Connect with us

BI Dukung Reformasi Struktural

Ekonomi

BI Dukung Reformasi Struktural

JAKARTA – Bank Indonesia mendukung langkah reformasi struktural yang ditempuh pemerintah dengan mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam kepemimpinan ekonomi daerah dan nasional.

Dukungan tersebut antara lain diwujudkan melalui program Economic Leadership for Regional Government Leader Angkatan IV yang diselenggarakan selama tiga hari (24-26/10) di Bank Indonesia, Jakarta.

Acara antara lain diikuti oleh Pimpinan Lemhannas, Asosiasi Pemerintahan Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia, Asosiasi DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia, dan Ketua DPRD Kabupaten/Kota dan Bupati/Walikota dari berbagai wilayah di Indonesia.

Terdapat tiga tantangan makroekonomi yang tengah dihadapi Indonesia sehingga diperlukan para pemimpin yang berkualitas untuk dapat menciptakan terobosan-terobosan dan menjadi pembaharu ekonomi regional Indonesia.

Pertama, menjaga stabilitas di tengah meningkatnya ketidakpastian global. Dalam hal ini, stabilitas perlu terus dijaga untuk mendukung keberlanjutan pertumbuhan ekonomi.

Kedua, sinergi kebijakan untuk mendorong pertumbuhan. Sinergi kebijakan Bank Indonesia dengan kebijakan fiskal dan reformasi struktural Pemerintah perlu semakin diperkuat untuk mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional tersebut baik sisi permintaan maupun sisi penawaran.

Terakhir, bagaimana seluruh elemen bangsa membangun kapasitas nasional untuk pemanfaatan ekonomi dan keuangan digital. Demikian disampaikan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng dalam pembukaan acara dimaksud.

Program Economic Leadership for Regional Government Leader merupakan program pembekalan dan pengembangan kepemimpinan melalui kurikulum yang inovatif dan transformatif. Melalui program ini para pemimpin daerah dapat lebih mencermati berbagai permasalahan ekonomi daerah yang dihadapi, untuk menghasilkan berbagai kebijakan ekonomi daerah yang aplikatif.

Kebijakan tersebut dikaitkan dengan permasalahan pengendalian harga, menciptakan pertumbuhan, memperbaiki iklim investasi daerah guna menarik investasi masuk, menciptakan networking pimpinan di daerah sehingga terjadi koordinasi dan kolaborasi antar daerah, serta menciptakan pimpinan yang memiliki kompetensi untuk bersaing di era digital.

Program ini diharapkan dapat mendukung lahirnya pemimpin yang berkualitas, tidak hanya mahir dalam kompetensinya sebagai pemimpin profesional, namun juga memiliki integritas serta kepemimpinan yang luhur. Bank Indonesia akan senantiasa berkoordinasi dan bersinergi dengan pihak-pihak terkait untuk mendukung terciptanya pembaruan ekonomi regional dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.[rls]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Ekonomi

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top