Connect with us

H Firmandez Apresiasi Presiden Jokowi Cabut Remisi Pembunuh Jurnalis

Nasional

H Firmandez Apresiasi Presiden Jokowi Cabut Remisi Pembunuh Jurnalis

JAKARTA – Anggota Fraksi Golkar di DPR RI, H Firmandez mengapresiasi kebijakan Presiden Jokowi yang mencabut atau membatalkan remisi I Nyoman Susrama, pembunuh wartawan Radar Bali, AA Gde Bagus Narendra Prabangsa.

Meurut politisi dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini, keputusan yang diambil presiden tersebut, tentunya sudah melalui pertimbangan hukum yang matang dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Ini juga kan ada azas keberatan dari masyarakat, terutama dari kawan-kawan jurnalis yang meminta agar remisi itu dicabut. Azas keberatan masyarakat ini mungkin menjadi salah satu pertimbangan Presiden untuk menyelesaikannya, tentunya dengan aspek hukum dan asas-asas umum pemerintahan yang mencakup kepentingan umum,” ujar H Firmandez.

Anggota Komisi VII DPR RI ini menambahan, dengan dicabutnya remisi tersebut, menunjukkan bahwa Presiden Jokowi mendukung kebebasan pers dan peka terhadap apa yang disuarakan oleh para jurnalis di tanah air.

Sebagaimana diketahui, ketika nama I Nyoman Susrama pembunuh jurnalis masuk dalam daftar penerima remisi dari Presiden dalam Keppres No. 29 tahun 2018 tentang Pemberian Remisi Perubahan dari Pidana Penjara Seumur Hidup Menjadi Pidana Sementara tertanggal 7 Desember 2018. Susrama merupakan satu dari 115 terpidana yang mendapatkan keringan hukuman tersebut.

Susrama diadili karena kasus pembunuhan terhadap Prabangsa, 9 tahun lalu. Pembunuhan itu terkait dengan berita-berita dugaan korupsi dan penyelewengan yang melibatkannya oleh Prabangsa di harian Radar Bali, dua bulan sebelumnya.

Hasil penyelidikan polisi, pemeriksaan saksi dan barang bukti di persidangan menunjukkan bahwa Susrama adalah otak di balik pembunuhan itu. Ia diketahui memerintahkan anak buahnya menjemput Prabangsa di rumah orangtuanya di Taman Bali, Bangli, pada 11 Februari 2009 itu.

Prabangsa lantas dibawa ke halaman belakang rumah Susrama di Banjar Petak, Bebalang, Bangli. Di sanalah ia memerintahkan anak buahnya memukuli dan akhirnya menghabisi Prabangsa.

Dalam keadaan bernyawa Prabangsa dibawa ke Pantai Goa Lawah, tepatnya di Dusun Blatung, Desa Pesinggahan, Kabupaten Klungkung. Prabangsa lantas dibawa naik perahu dan dibuang ke laut. Mayatnya ditemukan mengapung oleh awak kapal yang lewat di Teluk Bungsil, Bali, lima hari kemudian.[HK]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Nasional

Trending

Teknologi

Tentang Situs Ini

WOINews.com atau What’s on Indonesia adalah portal berita yang lahir pada 28 September 2017, menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

To Top